Invalid Email or Password

Already have account ?
Jangan coba coba 11 larangan ini tak boleh anda lakukan selama berada di singapura 4e0ea3

Jangan Coba-coba! 11 Larangan Ini Tak Boleh Anda Lakukan Selama Berada di Singapura

Default avatar

Getaway ID

28 September 2019

Bagi yang sering liburan ke luar negeri pastinya mengetahui bahwa agar bisa diterima di suatu tempat, Anda mesti mengetahui apa-apa saja norma yang berlaku di tempat tersebut. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jangan sampai Anda datang ke suatu tempat tanpa mengetahui apa-apa saja norma yang berlaku di tempat tersebut. Alhasil ketika Anda melanggar salah satu perbuatan yang dilarang, alih-alih berlibur dengan nyaman Anda bahkan bisa dicemooh, didenda bahkan ditangkap oleh pihak berwajib tempat tersebut. Mengerikan, bukan?

Oleh karena itulah, sebelum pergi ke suatu tempat Anda mesti mengetahui apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Bukankah pepatah” di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung”berlaku untuk semua negara di dunia ini? Jadi, bagi Anda yang akan berlibur ke Singapura, tips-tips penting agar liburan Anda berjalan lancar tanpa hambatan adalah Anda harus mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan di sana. Penasaran apa sajakah itu? Berikut daftar-daftarnya!


1.    Larangan Bersiul yang Berisi Sindiran atau Menggoda Perempuan

lifestyle.okezone.com

Mungkin di Indonesia, Anda mendengar siulan berisi sindiran itu biasa saja meski terkesan risih juga. Namun, karena tak pernah terdengar orang masuk penjara karena menyiuli orang lain atau menyindir dan melecehkan orang lain secara verbal maka itu dianggap angin lalu saja. Namun, jangan pernah mencoba hal ini bila berada di Singapura ya?! Di sini Anda bisa dikenakan denda bahkan dipenjara hingga tiga bulan lamanya lho! Jadi, jangan sekali-kali menyindir atau menyerang seseorang secara verbal, atau bersiul dengan tujuan menggoda seorang perempuan selama di Singapura.


2.    Mengganggu Orang Lain Ketika Mabuk

hellosehat.com

Berlibur memang waktunya untuk bersenang-senang apalagi bila perginya bersama teman-teman. Salah satu destinasi wajib yang mesti dikunjungi untuk bisa mengobrol dengan asyik sambil minum bir adalah klub malam dan bar. Nah, bagi Anda yang suka mabuk meski hanya minum bir satu gelas saja, hati-hati ya?! Jangan sampai sikap dan tutur bicara saja Anda mengganggu orang lain saat tidak sadar seperti itu. Bisa-bisa Anda akan dikenai denda bahkan dipenjara lho!


3.    Perhatikan Tanda Larangan Merokok

singaporeguidebook.com

Singapura tidak sama dengan Indonesia dimana Anda bebas merokok di tempat-tempat yang tidak ada larangan merokok. Bahkan Anda tahu bukan kalau sebagian orang Indonesia tetap saja ada yang melanggar aturan dan merokok di tempat yang ada larangannya. Namun, jangan sekali-kali menerapkan kebiasaan seperti ini di Singapura ya! Singapura termasuk negara yang sangat tegas dengan aturan larangan merokok bagi para perokok. Apabila Anda ketahuan merokok di zona yang bebas rokok, Anda bisa didenda lho hingga 1000 dolar Singapura. Ngeri, bukan?! Selain itu, jangan pula membawa masuk rokok Anda ke negara tersebut. Mungkin saja Anda bisa lolos dari pemeriksaan namun apabila ketahuan, dendanya bisa menjadi sangat besar lho! Apabila ingin merokok, maka Anda harus siap-siap mengeluarkan budget besar karena harga rokok di sana sangat mahal.


4.    Menyeberang Jalan di Tempat yang Telah Ditentukan dan Sesuai Aturan

blog.reservasi.com

Bila di Indonesia Anda bisa menyerang kapan dan di mana saja dengan modal melambaikan tangan, maka di negara ini Anda tidak bisa seenaknya. Anda harus menyeberang di tempat yang telah ditentukan yakni di zebra cross. Tekanlah lampu penyeberang jalan hingga berwarna hijau. Tunggu sampai menyala lampunya, barulah menyeberang. Bila Anda nekat menyeberang tanpa menekan lampu penyeberang meski tak ada kendaraan, Anda akan didenda oleh petugas sebesar 500 dolar. Tak hanya itu, perhatikan juga jalan-jalan yang tidak bisa diseberangi misalnya yang menyediakan underpass atau penyeberangan bawah tanah serta jembatan penyeberangan.


5.    Jangan Naik dan Turun Bus Seenaknya

singaporeguidebook.com

Mungkin Anda sudah terbiasa dengan naik dan turun angkutan umum dimana saja dan kapan saja selama di Indonesia. Namun, jangan menerapkannya di Singapura semudah itu. Bus-bus di sana hanya mau berhenti di halte-nya saja. Saat naik, Anda harus melewati pintu depan dan menempelkan kartu pembayaran bus Anda di mesin dekat pintu. Bila ingin turun, lewatlah pintu tengah dan sentuhkan lagi kartu pembayaran Anda di mesin sebelum keluar. Selain itu, sebelum mendekati halte tujuan, Anda harus segera menekan bel yang ada di tiang-tiang dekat tempat duduk. Apabila Anda menekannya secara mendadak, supir bus tidak akan mau berhenti.


6.    Jangan Coba-coba Buang Sampah Sembarangan

blog.reservasi.com

Membuang sampah membutuhkan kesadaran tinggi namun masih banyak orang Indonesia yang belum memiliki kesadaran seperti itu. Jangan coba-coba membawa kebiasaan membuang sampah sembarangan ke Singapura. Bila Anda ketahuan atau kepergok petugas, maka And abisa didenda sebesar 300 dolar dari National Environment Agency (NEA) Singapura. Tak hanya itu, menjatuhkan sedotan secara tidak sengaja pun akan didenda lho! Apalagi bila Anda terlibat dalam tindakan pencoretan tembok misalnya maka bisa-bisa dikenai hukum cambuk. Seram, khan?!

Selain tidak boleh buang sampah sembarangan, hal lain yang mesti dilakukan terkait sampah adalah pada saat membuangnya pisahkan dulu sampah Anda antara yang bisa didaur ulang maupun tidak. Ada tiga jenis tong sampah yang bisa dipilih yakni tong untuk kertas, kaleng dan plastik.


7.    Gunakan Trotoar Sesuai dengan Aturan yang Berlaku

kayuhanpedal.com

Bagi Anda yang memang baru berlibur di Singapura, tentu saja jalan kaki merupakan alternatif paling menyenangkan untuk melihat sekeliling Anda. Nah, di Singapura trotoar jalannya dibagi menjadi dua bagian lho, yakni bagian untuk pejalan kaki dan pesepeda atau pengguna skuter. Cara membedakannya sangatlah mudah. Anda tinggal melihat tanda gambar sepeda bagi trotoar yang diperuntukkan untuk pengguna sepeda dan skuter. Jadi, Anda bisa menggunakan bagian trotoar yang sebelahnya. Jikalau Anda berjalan di bagian yang salah, biasanya ketika pengguna sepeda akan lewat mereka membunyikan bel sepedanya sehingga pasang telinga Anda baik-baik ya?!


8.    Berdiri di Sisi Kiri Eskalator

singaporeguidebook.com

Bagi Anda yang jalan-jalan ke mall di Singapura dan menggunakan eskalator maka ingatlah untuk berdiri di sisi kiri eskalator. Jangan berdiri di sisi kanan. Kosongkan! Alasannya karena sisi kanan adalah untuk orang-orang yag berjalan di eskalator karena kebanyakan orang Singapura tetap berjalan kaki meski di atas eskalator ataupun travelator. Apabila Anda berdiri di sisi kanan bahkan di tengah eskalator, Anda bisa dimarahi oleh orang di belakang Anda yang ingin berjalan cepat di atas eskalator. Aturan ini berlaku tidak hanya di mall, namun juga tempat-tempat umum lainnya seperti stasiun.


9.    Jangan Berlaku Mesra di Depan Umum

Orang berpacaran atau suami istri yang bertindak terlalu mesra di depan umum bisa didenda bila ketahuan di Singapura. Kurangi skinship terlalu mesra selama di sana meskipun Anda sesungguhnya sedang honeymoon atau pacaran saja. Batasannya hanyalah pegang tangan, rangkul pundak atau saling berfoto berdua. So, bagi Anda yang berniat romantis dan mesra-mesraan di tempat umum, sangat dianjurkan untuk tidak melakukannya.


10.   Berdiri di Sisi Kiri atau Kanan Pintu Kaca MRT

travel.detik.com

Bila Anda terbiasa memakai MRT untuk pergi ke berbagai tempat wisata di Singapura, well, Anda mesti tahu aturannya ketika naik MRT. Saat menunggu, berdirilah di sisi kiri atau kanan pintu kaca. Jangan menunggu di tengah-tengah pintu kaca karena akan menghalangi orang-orang yang akan keluar dari MRT. Tunggulah mereka semua keluar terlebih dahulu, barulah Anda masuk. Selain itu, jangan terlalu mepet ke badan seseorang atau berdorong-dorongan, karena bila tidak suka Anda dapat dilaporkan dengan tuduhan pelecehan seksual.


11.   Jangan Memakan, Menjual, dan Mendistribusikan Permen Karet

blog.reservasi.com

Bila Anda suka makan permen karet, well, sepertinya tahanlah keinginan Anda itu di Singapura. Alasannya, bila Anda ketahuan menikmati atau mengunyah benda lengket ini di tempat umum, Anda bisa kena denda lho! Tidak hanya mengunyah, menjual, membuat serta mengimpor pun tidak boleh. Hal ini karena sangat berkaitan dengan kebersihan lingkungan karena seperti yang Anda ketahui bahwa bekas permen tersebut lengket dan sangat susah untuk dibersihkan. Satu-satunya permen karet yang boleh dikonsumsi adalah permen karet kesehatan yang dijual-jual di apotek misalnya saja permen karet untuk gigi lebih sehat serta anti nikotin

Demikianlah beberapa larangan yang mesti Anda perhatikan dan tidak boleh lakukan selama di Singapura. Sebenarnya masih banyak yang lain lagi seperti tidak boleh memberi makanan kepada hewan-hewan liar yang Anda temui, harus mengantri dengan tertib (mengantri di belakang bukan di samping orang lain), tidak boleh membawa buah-buahan menyengat seperti durian di tempat-tempat umum, dilarang mencuri jaringan Wi-Fi orang lain tanpa izin, tidak boleh membuang ludah secara sembarang, dilarang menyanyi di tempat-tempat umum seperti mengamen, tidak boleh main serobot saja ketika melihat ada kursi kosong di kedai-kedai tempat makan di sana, tidak boleh melakukan tindak kekerasan di depan umum, dan sebagainya.

Mengingat banyaknya larangan yang diterapkan oleh Singapura, maka ketahuilah terlebih dahulu apa-apa saja larangan tersebut agar Anda tidak salah langkah ketika sudah di sana. Sangat diharapkan agar tulisan ini dapat membantu Anda sebelum mulai berlibur ke sana.


Wisata Terkait